BEI temukan kejanggalan baru dalam laporan keuangan Garuda Indonesia

BEI temukan kejanggalan baru dalam laporan keuangan Garuda Indonesia

Berita Online 0 Comment

BEI temukan kejanggalan baru dalam laporan keuangan Garuda Indonesia

eroerojp.com – Bursa Dampak Indonesia (BEI) mengecek neraca keuangan kuartal-I 2019 PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. Direktur Penilaian BEI I Gede Nyoman Yetna menjelaskan kontrol ini adalah serangkaian dari audit atas laporan kapasitas keuangan perusahaan yang ganjil pada 2018.

“Iya neraca keuangan triwulan I-2019 sedang dicheck, sebab jadi sisi yang tidak terpisah. Jadi yang kita berikan, yang audited 2018 sama triwulan I-2019 itu jadi sisi yang tidak terpisah. Karena itu ada dua terminologi yang kami berikan,” tutur Nyoman di gedung BEI, Jakarta, Selasa (18/6).

Nyoman mengutarakan, dalam neraca keuangan 2018, transaksi piutang dengan Mahata Aero Tehnologi disadari jadi initial recognition atau pernyataan awal. Oleh karenanya, kontrol pada neraca keuangan triwulan I-2019 butuh dikerjakan.

“Kan kesepakatan kerja sama juga dengan Mahata dicatat jadi piutang. Di kesepakatan disebutkan jika kontan harus diterima di bulan Oktober,” kata Nyoman.

Baca Juga : Baru Kenalan Selama 3 Bulan, Pria 41 Tahun Nekat Nikahi Siswi SMP

Nyoman menjelaskan, dalam neraca keuangan triwulan I-2019, BEI belum lihat terdapatnya penerimaan kontan dari Mahata ke Garuda sampai bulan April 2019. Faksinya menanyakan hal itu ke Garuda.

Menurut Nyoman, penghasilan dari piutang itu sudah seharusnya tercermin dalam neraca keuangan Garuda kuartal-I 2019 dengan menyusutnya angka piutang Mahata ke Garuda.

Pada neraca keuangan GIAA kuartal I-2019, kesepakatan kerja sama juga dengan Mahata masih tertera jadi piutang. Nominal piutang itu pun tidak menyusut dari neraca keuangan 2018, yakni beberapa US$239 miliar. Sebab hal itu, tingkat kolektabilitas kerja sama ini ditanyakan oleh bursa.

Awalnya, neraca keuangan Garuda Indonesia tahun 2018 jadi masalah sebab piutang dari Mahata sejumlah US$239,94 juta dimasukkan ke penghasilan. Lewat cara demikian, emiten plat merah ini dapat kantongi laba pada tahun buku 2018.

Author

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Back to Top