Bandara Changi Singapura Akan Adopsi Teknologi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Changi Singapura Akan Adopsi Teknologi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Berita Online 0 Comment

Bandara Changi Singapura Akan Adopsi Teknologi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Changi Singapura Akan Adopsi Teknologi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

eroerojp.com, TANGERANG – Team peningkatan Bandara Changi Singapura membuat survey serta kunjungan ke Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Dalam kunjungan itu, mereka ingin mengimplementasikan beberapa sarana di apron serta parking stand yang dipunyai Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

Salah satunya ialah skema Ground Dukungan Services (GSS) yang sudah diaplikasikan di airside (bagian hawa) Terminal 3, Ground Power Unit (GPU), Pre Conditioning Air (PCA) serta Blue Water Portable and Sewage.

Bacalah juga : Jalan Kaki dari Balai Kota, Anies Hadiri Reuni 212

Senior Manager Of Airside Operation and Aircraft Rercue & Fire Fight, Indra Gunawan menjelaskan, GSS yang telah diaplikasikan di Terminal 3 itu gagasannya akan diaplikasikan di Terminal 5 Bandara Changi Singapura.

“Mereka dari Changi Development atau team peningkatan untuk Terminal 5 Bandara Changi. Jadi kunjungan mereka itu dalam rencana ingin mengambil sistem GSS yang telah berada di Terminal 3,” tutur Indra di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (30/11/2018).

Dia meneruskan, dari semua bandar hawa di Asia Tenggara baru di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta yang sudah mengaplikasikan sistem GSS.

Hal itu yang membuat bandar hawa tersibuk di Asia Tenggara Bandara Changi tertarik melihat sarana itu.

“Di Asia Tenggara, baru cengkareng yang mengaplikasikan. Hingga mereka hadir. Dari sistem GSS itu kita ada tiga sisi yang terbagi dalam GPU, PCA serta satu paket seperti portable water, blue water serta seawage,” jelas Indra.

Sistem GSS ini mempunyai kelebihan sendiri yaitu, bisa kurangi gerakan kendaraan di seputar tempat pesawat parkir saat lakukan bongkat muat.

“Jika bandara biasanya masih tetap memakai mobile, jadi ada ground Dukungan equipment yang sistemnya berjalan atau mobile. Jika kita di Terminal 3 ini langsung dibuat di tanah,” papar Indra.

Tidak hanya kurangi gerakan kendaraan, sistem GSS itu dapat juga tingkatkan efisiensi serta keamanan operasi pada bagian hawa Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

“Gagasannya mereka akan bangun terminal 5 serta kemungkinan mengambil sistem semacam ini nanti” papar Indra.

Author

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Back to Top