Kronologi Kasus TKI Tuti Tursilawati hingga Dieksekusi Mati

Kronologi Kasus TKI Tuti Tursilawati hingga Dieksekusi Mati

Berita Online 0 Comment

Kronologi Kasus TKI Tuti Tursilawati hingga Dieksekusi Mati

Kronologi Kasus TKI Tuti Tursilawati hingga Dieksekusi Mati

eroerojp.com, Jakarta – Buruh migran Indonesia, Tuti Tursilawati, dilakukan mati oleh pemerintah Arab Saudi pada Senin, 29 Oktober 2018. Menurut Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo, Tuti dilakukan mati tanpa pemberitahuan sah pada pemerintah Indonesia.

Tuti Tursilawati, TKI asal Majalengka, pergi ke Arab Saudi pada 2009. Maksudnya adalah untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik. Tuti kerja menjadi penjaga lanjut usia pada suatu keluarga di Kota Thaif. Disana, dia kerja saat 8 bulan dengan bekas upah tidak dibayar 6 bulan.

Berdasar pada situs Serikat Buruh Migran Indonesia, Tuti diamankan kepolisian Arab Saudi pada 12 Mei 2010 atas dakwaan membunuh bapak majikannya, Suud Mulhaq Al Utaibi. Tuti diamankan satu hari sesudah peristiwa pembunuhan.

Bacalah juga : Kronologi Jatuhnya Pesawat Lion Air Jakarta-Pangkal Pinang di Karawang

Sesudah membunuh korban, Tuti Tursilawati kabur ke Mekkah dengan membawa perhiasan serta uang 31.500 riyal Arab Saudi punya majikannya. Dalam perjalanannya ke Mekkah, Tuti diperkosa 9 pemuda Arab Saudi. Mereka ikut ambil perhiasan serta uang yang dibawa Tuti. Sembilan pemuda itu sudah diamankan serta diberi hukuman sesuai dengan ketetapan hukum Arab Saudi.

Semenjak diamankan serta ditahan pihak kepolisian, Konsulat Jenderal RI Jeddah lewat satgasnya di Thaif, Said Barawwas, memberi pendampingan dalam proses investigasi awal di kepolisian. Lalu, Said Barawwas ikut mengikuti proses investigasi kelanjutan di Tubuh Investigasi.

Saat proses investigasi, Tuti Tursilawati mengaku pembunuhan bapak majikannya. Dia beralasan seringkali memperoleh pelecehan seksual serta kekerasan. Apakah yang dikerjakannya ialah pembelaan diri.

Permintaan peninjauan kembali pada masalah Tuti sudah sempat dipenuhi oleh pengadilan di Arab Saudi. Pemerintah juga mengusahakan pembebasan pada Tuti, akan tetapi TKI asal Majalengka itu keburu dilakukan.

Author

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Back to Top