Gandeng Perusahaan Jepang, UMN Luncurkan Laboratorium Artificial Intelligence

Gandeng Perusahaan Jepang, UMN Luncurkan Laboratorium Artificial Intelligence

Berita Online 0 Comment

Gandeng Perusahaan Jepang, UMN Luncurkan Laboratorium Artificial Intelligence

Gandeng Perusahaan Jepang, UMN Luncurkan Laboratorium Artificial Intelligence

eroerojp.com, CURUG – Berkompetisi di masa tehnologi serta digitalisasi, Kampus Multimedia Nusantara (UMN) meluncurkan Laboratorium ArtificaI Intelligence (AI) UMN.

Hal tersebut dilandasi oleh perubahan kecerdasan buatan alias Artificial Intelligence (AI) berjalan makin cepat serta tidak terelakkan.

Demikian dikatakan Rektor Kampus Multimedia Nusantara (UMN), Ninok Leksono dalam peresmian Lab AI di UMN.

Di kesempatan itu, Ninok menuturkan jika peluncuran Lab AI UMN atas kerja sama UMN dengan PT. Renom Infrastruktur Indonesia (Rll).

Kerja sama itu dilandasi pada usaha ke-2 pihak dalam cetak data scientist siap gunakan untuk keperluan industri yang akan datang.

Bacalah juga : Beda Rupiah saat 1998 dengan 2018

“Kami menyongsong baik Rll untuk pendirian Lab yang bidangnya (Artificial Intelligence) tengah trending. Lihat keperluan industri yang akan datang, pasti UMN tidak mau tertinggal kereta Kita mesti secepatnya cetak tenaga kerja yang kualifikasinya penuhi beberapa data scientist, pakar big data, pakar Al. Jika kita telah miliki partner yang berbobot, nanti mahasiswa telah siap gunakan, siap bekerja di bagian ini,” jelas Ninok di UMN, Kabupaten Tangerang, Selasa (4/8/2018).

Menurut Ninok, awal mulanya profesi di bagian IT cuma dipandang seperti tenaga dukungan, Akan tetapi, sekarang ini bagian IT malah begitu prospektif untuk profesi-profesi di hari esok.

“Awal mulanya IT pada umumnya banyak disaksikan menjadi tenaga dukungan saja di industri. Saat ini tenaga IT mempunyai ketrampilan cyber security, AI, data scientist, yang malah jadi pilar di industri serta begitu prospektif untuk profesi-profesi di hari esok. Semoga karenanya ada Lab AI di UMN, membuat UMN beberapa langkah semakin maju menjadi perguruan tinggi yang unggul di bagian AI,” tutur Ninok.

Di kesempatan yang sama Direktur PT. Renom Infrastruktur Indonesia, Febrian menuturkan jika pihaknya mewakili GRID Japan, membawa Artificial Intelligence Frame-work dari Jepang ke Indonesia bernama ReNom untuk meningkatkan serta memecahkan permasalahan infrastruktur Indonesia lewat tehnologi paling depan.

“Kami membawa satu Artificial Intelligence Frame-work dari Jepang yang bernama ReNom ke lndonesia. Dibantu dengan tenaga pakar Data Scientist, kami berupaya menolong meningkatkan serta memecahkan permasalahan infrastruktur Indonesia lewat tehnologi. paling depan. Karena itu,” jelas Febrian.

Menurut dia, kerja sama yang tersambung pada Rll serta UMN makin memperdalam keperluan akan evaluasi AI yang spesial serta terukur, karena keperluan pasar akan Data Scientist yang makin bertambah dari waktu ke waktu.

“Tidak sembarang SDM. Kami akan menyiapkan mahasiswa UMN untuk dilatih dalam tehnologi kecerdasan buatan paling depan lewat kurikulum spesial inovatif yang pas untuk serta bangun keterampilan mereka menjadi tenaga pakar Data Scientist yang siap bekerja di industri tehnologi paling depan. Mereka juga berpeluang untuk belajar serta bekerja langsung di Jepang,” lanjut Febrian.

Author

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Back to Top