Mengenal Muslim Millenial Hong Kong

Mengenal Muslim Millenial Hong Kong

Berita Online 0 Comment

Mengenal Muslim Millenial Hong Kong

Mengenal Muslim Millenial Hong Kong

eroerojp.com, Menembus keranjang bambu. Meruapkan aroma masakan di kafetaria memiliki nuansa putih di lantai lima gedung. Begitu manis. Rasa menggoda.

Minyak wangi menu olahan makin tidak tipis waktu masuk kios dengan jejeran meja bundar yang dikelilingi oleh kursi. Menerobos rongga hidung. Mengaduk perut. Siapa juga yang datang ditanggung tidak tahan dengan ‘godaan’ itu.

Tulisan ‘Islamic Center Canteen’ terdaftar di dekat pintu masuk. Keceriaan tawa terdengar samar dari luar. Bangun serta terbenam di dalam desisan uap memasak yang terdengar agak keras dari dapur.

Bacalah juga : Patung Berpelukkan Jadi Objek Favorit di Gili Trawangan

Demikian masuk, suasananya cukup ramai. Sebagian orang muda penuhi nyaris semuanya meja serta kursi di ruangan bebrapa 1/2 dari lapangan bulu tangkis.

Disana, pengunjung tengah repot bercakap sembari menanti pesanan paling banyak di hanya satu warung halal di pulau Cina yang ganas : dim sum halal.

Ini yaitu Islamic Center Canteen yang popular di kelompok wisatawan serta Muslim Hong Kong. Sesuai sama namanya, kantin ini menghidangkan makanan halal. Semuanya menu disertifikasi. Termasuk juga menu dim sum yang menegur kami sore itu.

Tempatnya ada di daerah Wan Chai, jalan Salvation Army, sisi utara Pulau Hong Kong. Akhir bln. lantas, kami berkunjung ke kantin yang berada di dalam Masjid Sadick Ammar serta Osman Ramster.

Untuk makan siang, kantin senantiasa penuh sesak. Umumnya sesudah salat Zuhur, traveler serta Muslim di pulau berjuluk Pearl of the Orient ini senantiasa meluangkan konsumsi makanan halal disini.

Di satu diantara surau paling besar Hong Kong. Tidak cuma menghidangkan katin halal. Ada pula tempat untuk sidang remaja Muslim. Mereka lakukan beragam aktivitas, dari pendidikan, sosial, sampai budaya.

Aktivitas madrasah untuk anak-anak juga diselenggarakan di gedung. Di dalamnya juga dipenuhi banyak nuansa kaligrafi serta Islam. Buku-buku serta buku-buku mengenai Islam juga gampang didapat disana.

Ada pula masjid untuk umat Islam untuk berdoa. Tempat doa untuk pria serta wanita dipisahkan di lantai yang berlainan,

Sepanjang kunjungan di acara Mega Muslim FamTrip Hong Kong Tourism Board, kami juga di beri peluang untuk bicara dengan Sharifa, Bendahara Asosiasi Komune Islam Muda Hong Kong (HKIYA), yang berbasiskan di Masjid Ammar serta Osman Ramju. Pusat Islam Sadick.

Organisasi HKYIA sudah dibuat sepanjang 45 th., yaitu satu diantara enam organisasi Muslim resmi yang tercatat di pemerintah Hong Kong. Dari sini kita juga akan lihat bagaimana kehidupan remaja Muslim Hong Kong.

Tersebut disini cuplikan wawancara :

Dapatkah Anda menerangkan apa sajakah aktivitas HKYIA?

Awalannya kami cuma organisasi kecil yang lakukan beragam aktivitas pemuda. Kami lakukan banyak aktivitas berolahraga seperti kriket, rugby, serta banyak sekali lagi.

Sampai pada akhirnya kami rasakan keperluan juga akan wadah untuk mensupport aktivitas umat Islam. Karna ada sekitaran 300. 000 masyarakat Muslim di Hong Kong yang datang dari Indonesia, Pakistan, Mesir, India, Turki, serta Cina Muslim.

Mereka memerlukan support serta service untuk keluarga terlebih pendidikan anak-anak. Serta untuk argumen ini kami terasa butuh untuk memecahkan kesenjangan sosial untuk umat Islam.

Cuma ada satu kampus Islam di Hong Kong, yakni di Chai Wan, yang fokus pada pendidikan untuk mengerti Islam. Lalu ada lima Sekolah Basic Islam di Hong Kong dan Taman Kanak-kanak.

Banyak aktivitas sudah dikerjakan HKIYA, terlebih untuk pengembangan pendidikan pemuda Muslim di Hong Kong. Terkecuali mensupport pembangunan sekolah anak-anak Muslim serta sekolah basic, mereka juga membuat aktivitas ekstrakurikuler serta perkemahan musim semi.

Ini menolong mereka (siswa Muslim) tertarik untuk belajar bhs Mandarin. Karna di Hong Kong, bhs paling utama yang dipakai di sekolah yaitu bhs Inggris serta Kanton. Sesaat untuk mereka yang bukanlah orang Cina asli, susah untuk belajar bhs Cina serta sesudah sekolah, anak-anak pergi ke madrasah

Semakin banyak aktivitas?

KHIYA juga membuat aktivitas teratur sepanjang bln. Ramadhan, namun tidak memberi manuka berbuka dsb. Organisasi ini betul-betul konsentrasi pada pengembangan kreatifitas anak muda, seperti membuat drama pendek, atau buat video berdurasi dua menit mengenai kebingungan yang perlu di ketahui oleh non-Muslim di Hong Kong.

Konsentrasi kami saat ini yaitu memberitahu non-Muslim langkah berhubungan dengan Muslim di Hong Kong.

Jadi komune ini berapakah umur rata-rata mereka?

Kami menginginkan anak-anak muda serta dewasa mensupport lanjut usia. Mereka yang termasuk juga dalam ‘pemuda’ itu luas, tidak cuma anak-anak. Umur 40 th. juga masih tetap relatif muda.

Aktivitas apa yang dikerjakan HKYIA sepanjang Ramadan atau Idul Fitri?

Sepanjang Ramadhan kami tidak sediakan makanan untuk berbuka puasa. Karna sepanjang Ramadhan, buka puasa dikerjakan di masjid yang diadakan oleh serikat Islam.

Sesaat kami (HKYIA) menyiapkan remaja Muslim untuk lakukan drama pendek. Mereka tengah mempersiapkannya saat ini.

Serta saat ini kami juga menyiapkan ulang th. ke 45 kami yang juga akan selekasnya dikerjakan. Kami membuat kampanye ‘Smile Charity’ minggu kemarin.

Ini seperti lakukan dakwah di jalan. Ini yaitu kampanye yang begitu gampang, menyuarakan pada kebanyakan orang, senyum yaitu amal. Bahkan juga bila Anda tawarkan uang, senyum bisa memberi suatu hal yang bernilai.

Apakah mereka mesti membayar untuk berperan serta dalam sebagian aktivitas yang diadakan oleh HKYIA?

Tidak, beberapa besar gratis. Sepanjang tiga hari berkemah, mereka cuma membayar cost minimal namun umumnya kami mensubsidi.

HKYIA juga mempunyai komite zakat yang nanti uangnya dapat dipakai untuk aktivitas santri atau untuk pembangunan masjid serta banyak sekali lagi.

Dengan hal tersebut, maksud aktivitas HKYIA ini bukanlah untuk mengundang orang Hong Kong ke Islam namun untuk berikan mereka pengetahuan serta pemahaman mengenai bagaimana Muslim hidup.

Umpamanya, saat orang Hong Kong sediakan banyak makanan, namun umat Islam tidak menelannya. Jadi mereka mesti sediakan makanan halal untuk rekan-rekan Muslim. Itu satu diantara pengetahuan paling basic saat mereka bekerja serta berhubungan dengan Muslim.

Adakah diskriminasi dari masyarakat setempat karna mereka berlainan agama?

Hong Kong yaitu satu diantara negara yang begitu menghormati ketidaksamaan, hingga mereka tidak perduli mengenai kepercayaan yang diyakini.

Kebanyakan orang disini tidak perduli apakah saya seseorang Muslim atau bukanlah. Mereka akan tidak memberi pandangan yang aneh atau negatif. Bahkan juga sebagian Muslim disini juga terselubung. Hong Kong begitu ramah pada umat Islam. Namun bila problem makanan halal atau tempat beribadah untuk wisatawan Muslim, di Hong Kong kurang.

Anda bisa berdoa di masjid, kami mempunyai 6 masjid di Hong Kong ditempat yang berlainan. Hong Kong juga adalah negara aman yang dikunjungi oleh wisatawan Muslim, Anda akan tidak terima pidato kebencian atau pidato dari masyarakat setempat.

Adakah halangan beda yang dihadapi remaja Muslim disini?

Terlebih saat pemuda Muslim Hong Kong masuk ke dunia kuliah serta bekerja. Walau toleransi antar agama cukup tinggi, terdapat banyak tempat yang mendorong karyawan tidak untuk kenakan jilbab.

Banyak umat Islam yang masuk pengejaran

 

Author

Leave a comment

You must be logged in to post a comment.

Back to Top